Friday, December 28, 2012

Pesona Air terjun Sri Gethuk

Pesona Air terjun Sri Gethuk



Gunungkidul memiliki pesona yang tidak akan habis untuk dijelajahi. Air terjun Sri Gethuk adalah salah satu tempat yang harus Anda jelajahi saat berkunjung ke Gunungkidul. Air terjun ini sangat elok dipandang. 

Air terjun Sri gethuk terletak di Padukuhan Menggoran yang berdekatan dengan lokasi wisata Gua Rancang Kencono. Air terjun ini tidak pernah kering dan akan menjadi objek foto yang menarik.

Air Terjun Sri Gethuk atau dengan nama lain Air Terjun Slempret memiliki keunikan tersendiri karena bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing karst yang gersang. Air tejun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada tepat di tepi Sungai Oyo.  Ada tiga sumber mata air yang menyembur di sekitar air terjun Sri Gethuk, yaitu mata air Dung Poh, Ngandong dan Ngumbul. 

Air yang mengalir dari tebing yang memiliki ketinggian 58 meter ini jatuh ke hamparan Sungai Oya dengan keindahan yang eksotis yang diwarnai dengan gemericik suara air ditambah hiasan daun nyiur yang melambai. Kawasan Air terjun ini juga didukung dengan 3 sumber mata air yang cukup besar yakni sumber mata air Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata-rata debit 30 sempai dengan 60 liter per detik.



Banyak yang mengatakan bahwa sungai di Air Terjun Sri Gethuk  ini mirip denganGreen Canyon. Ya, sejauh mata memandang memang terlihat hijau, ditambah dengan rindangnya pepohonan dan panorama tebing yang menjulang. Jadi, untuk menjumpai derasnya mata air Air Terjun Sri Gethuk, kita harus mengarungi sungai yang panjangnya kurang lebih 300 m, dengan kedalaman 15 meter. Untuk berangkat ke Air Terjun Sri Gethuk  kita bisa menggunakan rakit yang telah disediakan, dengan biaya Rp. 10.000,- untuk pulang-pergi dari Air Terjun ke daratan.

Jika anda dari arah Yogya anda belok kiri di pertigaan Gading menuju Playen, dari kota Playen ambil jalur menuju Paliyan kira-kira 1 km sampai menemukan papan penunjuk arah ke Air terjun Sri Gethuk. Ikuti penunjuk arah itu ke barat,  kira-kira 7km. 

No comments:

Post a Comment